Mari melihat ulang segala hal, mari berfikir ulang, mari lakukan ulang. Karena segalanya akan sangat berbeda ketika kita mengulangnya.

13 Hal yang akan terjadi jika tiba- tiba internet hilang

13 Hal yang akan terjadi jika tiba- tiba internet hilang

Hampir separuh penduduk bumi membutuhkan internet untuk hidup. Internet sudah seperti nasi bagi orang Indonesia, cokelat bagi orang swiss, atau seperti alkohol bagi para pemabuk. Internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Tapi bagaimana jika tiba- tiba Internet menjadi lamban atau mati?
Semalam saya menemukan sebuah artikel yang menarik saya untuk membacanya. Judulnya artikel itu kalau tidak salah ’10 dampak akibat internet mati dalam sehari’. Ya, kalau tidak salah itu judulnya. Saya menemukan artikel yang cocok dan sesuai dengan yang sedang saya ingin tulis. Bagaimana jika internet tiba- tiba hilang?
Kita semua dan sebagian dari mereka yang hidup didalam masyarakat modern ini tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Internet mencakup segala kehidupan saat ini dan jika tiba- tiba hilang, segala kekacauan pasti akan terjadi. Baik dalam hubungan pertemanan ataupun hubungan lain yang lebih luas dan lebih penting dari itu.
Tapi tentu saja internet sama halnya seperti segala sesuatu yang ada di dunia ini. Kehadirannya selalu memiliki dua dampak. Positif dan negatif. Dan begitu juga dengan ketiadaannya. Dan berikut adalah dampak negatif yang mungkin akan terjadi jika dunia kehilangan internetnya:





1.       Keuangan
Mencari uang sudah tidak perlu keluar rumah lagi. Bahkan dengan internet, kita bisa mencari uang kapanpun dan dimanapun kita mau. Tidak ada batasan untuk itu. Berapa banyak orang yang sudah menggantungkan hidupnya dari internet? Istilah Adsense, Dropship, Affiliate, atau semacamnya adalah hal yang biasa dilakukan untuk mendapatkan uang.
Saya memiliki teman yang menggantungkan hidupnya dari internet. Mungkin dia bisa dikatakan sebagai seorang ahli karena dia memiliki murid dimana- mana. Berapapun dia memasang tarif untuk mengajar, selalu ada orang yang datang untuk belajar dari dia. Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Berapa banyak orang seperti teman saya itu yang kehilangan mata pencarian?


2.       Komunikasi
Komunikasi adalah sarana vital lain yang dimiliki manusia untuk dapat berinteraksi dengan manusia lainnya. Berbagai macam permasalahan dapat terselesaikan jika manusia bisa berkomunikasi dengan dengan cara yang benar. Bahkan dengan internet, komunikasi kini sudah tidak terbatas oleh jarak. Kita bisa berbicara dengan orang yang berada di Mongolia atau dimanapun tanpa meninggalkan tempat duduk kita saat ini.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Jarak dan waktu tentu merupakan hal yang harus diselesaikan oleh kita untuk bisa berkomunikasi dengan teman- teman kita yang jauh disana. Tidak hanya iu, bahkan kita pun harus mengeluarkan dana yang lebih besar untuk dapat sekedar mengatakan “apa kabar?”. tanpa internet komunikasi kita tidak akan efektif.


3.       Distribusi energi
Kita semua membutuhkan energi untuk dapat melanjutkan hidup. Bahkan mesin membutuhkan mesin yang memiliki energi untuk dapat beroperasi. Mobil membutuhkan bensin, komputer membutuhkan listrik, dan manusia membutuhkan karbohidrat. Energi adalah syarat mutlak jika kita ingin hidup.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Tentu itu akan menghambat distribusi energi yang kita butuhkan. Bagaimana kita bisa tahu sudah seberapa mahal harga minyak dan listrik saat ini? Industri minyak dan gas yang berada di lepas pantai membutuhkan jaringan internet untuk dapat berkomunikasi dengan teman mereka yang berada di pulau untuk dapat mengantarkan logistik kebutuhan mereka sehari- hari. Tanpa internet, mereka yang berada di lepas pantai, mereka yang berjasa besar untuk kebutuhan energi kita sehari- hari, sama seperti seorang astonout yang pergi ke Pluto. Sendirian, tanpa perhatian, dan tidak dianggap ada.


6 Cara membaca cepat dan kita tetap mengerti apa yang kita baca
    Jika memang tidak memungkinkan untuk membaca daftar isi atau membaca kata pengantar karena buku masih di label, lakukan hal ketiga ini. Hampir disetiap cover belakang buku selalu ada ulasan singkat dari penulis tentang buku yang ditulisnya itu. Baca tulisan ini agar kita bisa mendapatkan sedikit gambaran dari bahasan buku yang ingin kita... Baca Selengkapnya



4.       Layanan kesehatan
Dunia kesehatan juga membutuhkan internet untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Seperti misalnya untuk pengadaan alat- alat kesehatan, obat- obatan, hingga pengaturan shift kerja tenaga kesehatan.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Bagaimana jika saat ini kita terkena penyakit parah dan harus segera di operasi tapi ternyata dirumah sakit itu tidak ada alat yang mendukung operasi? Apakah kita mau menunggu? Atau berapa banyak dari kita yang menggantungkan hidup dari jaminan kesehatan pemerintah? Tentu jaminan itu tidak akan berfungsi jika tidak ada internet yang mendukung penyimpanan database jaminan tersebut.


5.       Hiburan
Dengan internet, kita bisa mengetahui apa yang dilakukan orang yang tidak kita kenal di belahan dunia sebelah sana. Apakah dia memiliki suara yang bagus? Tarian yang eksotis? Wajah yang cantik atau tampan? Dengan internet kita bisa mengetahui seluk beluk hidup mereka yang berada jauh disana dan tidak kita kenal. Dengan internet kita bisa mendapatkan hiburan di mana saja atau kapan saja kita mau. Film, video musik, foto, jadwal konser, atau bahkan bisa lebih dekat dengan ilmuan yang sudah lama meninggal sebelum kita lahir.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Mungkin kita hanya bisa terpaku dengan TV atau radio. Tidak ada film selain yang disajikan di TV, tidak ada musik selain dari radio, dan tidak ada jadwal konser selain dari selebaran- selebaran di tepi jalan.


6.       Pengangguran
Dengan internet kita semua seperti dimanjakan. Selain bisa mencari uang, kita juga bisa memesan makanan bahkan sarana transportasi. Sebut saja dengan adanya penyedia jasa taxi online atau ojek online. Kita bisa memesan mereka kapanpun kita mau dan kita bisa menerka- nerka besaran tarif yang harus kita bayarkan kepada mereka. Butuh makanan? Kita tinggal pesan kepada mereka dan mereka akan mengantarkannya kepada kita sampai depan pintu rumah kita.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Sudah pasti akan banyak pengangguran. Tidak ada taxi online dan ojek online berarti pengagguran yang semakin banyak. Belum habis tenaga produktif yang ada sudah muncul lagi tenaga produktif yang lebih muda disetiap tahunnya. Lowongan kerja semakin sedikit karena banyak perusahaan yang bangkrut karena sarana mereka berpromosi sudah tidak ada.


7.       Sosial media
Internet menghubungkan kita dengan siapa saja. Bahkan dengan orang yang tidak kita kenal. Dan tidak sedikit pula, banyak orang yang menemukan pasangan hidup mereka lewat  media sosial di internet ini. Karena dengan media sosial, kita bisa berbagi apa saja kepad mereka. Gambar, video, alamat rumah, nomer telepon, atau apapun. Tidak ada batasan dalam media sosial.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Tidak ada teman virtual baru. Teman kita hanya mereka yang bisa kita jabat tangannya. Hanya sedikit orang yang mengetahui bakat istimewa kita karena pergaulan kita tidak seluas ketika media sosial ada. Selain itu, kita tidak akan update dengan informasi terbaru dari mereka.


 Dapatkan 6 pekerjaan ini!! dan kamu bisa bekerja dimana saja
Mau dapat yang lebih besar lagi? oke. Belajar bahasa asing. Kalau sudah bisa? Itu mukjizat kamu. Buat iklan jasa tutor kamu atau video Youtube kamu dengan banyak bahasa sehingga jangkauan iklan dan video kamu lebih luas lagi dan semakin banyak lagi yang menontonnya. Mudah, kan? Baca Selengkapnya


8.       Perkiraan cuaca
Dengan bantuan internet, selain kita bisa tahu perkiraan cuaca dua hari kedepan di tempat kita, kita juga bisa tahu seperti apa cuaca di Afganistan atau di Ekuador. Kita bisa mengetahui badai salju yang ada di kutub utara dengan bantuan internet. Internet membuat kita selalu sedia payung sebelum hujan.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Pesawat tidak akan ada yang terbang. Kapal laut tidak akan ada yang berlayar. Kenapa? Dari mana mereka dapat mengetahui bahwa didepan sana ada badai atau turbulensi jika tidak ada internet?


9.       E commerce
E Commerce adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh pada kehidupan ekonomi manusia saat ini. Karena E Commerce dinilai mampu memperbaiki kehidupan ekonomi kita hanya dengan berbekal komputer atau smartphone dan jaringan internet. Melakukan promosi, studi kasus, survey pasar, dapat dengan mudah dilakukan dengan internet.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Nilai mata uang sudah pasti tidak akan stabil karena informasi yang biasanya datang sangat cepat kini harus menunggu beberapa waktu lamanya untuk mendapatkan data real nilai mata uang. Studi kasus akan semakin sulit dilakukan, survey akan memakan tenaga yang banyak, dan promosi akan meminta waktu lebih lama agar sampai pada target konsumen yang di tuju.


10.   Pengiriman barang
Dengan internet kita hanya perlu mengkonfirmasi barang yang diminta client sudah kita kirim secepat kita bisa. Kita bisa mengirimkan data spesifikasi barang yang kita kirim saat itu juga dan pengiriman dapat terselesaikan dengan cepat.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Tentu akan butuh waktu yang lebih lama agar barang yang kita pesan sampai di tempat kita. Bagaimana jika barang tersebut ternyata tidak sesuai dengan yang kita inginkan atau data yang kita dapat? Tentu akan memakan waktu lebih lama lagi untuk dapat berkomunikasi dan barang akan sampai lebih lama lagi. Selain itu, tanpa internet, kita juga tidak bisa mengetahui seperti apa pendapat orang lain tentang produk yang kita ingin segera dikirim itu.


11.   Teknologi
Zaman modern selalu tentang teknologi. Selalu muncul teknologi baru disetiap harinya. TV yang semakin menipis, AC yang semakin kecil dan dingin, kulkas yang semakin elegan, atau motor yang semakin sporty. Kita selalu memiliki pilihan untuk dapat memilih teknologi terbaru mana yang kita ingin gunakan?
Tapi bagaimana jika intenet tiba- tiba hilang? Tentu kita akan kesulitan untuk mendapatkan sumber inspirasi atau ide untuk berkarya. Kita akan kesulitan dalam menentukan teori ilmuan yang mana yang kita ingin terapkan dalam teknologi terbaru kita. Atau bagaimana cara kita mempekenalkan teknologi terbaru kita kepada masyarakat banyak? Dari mana kita tahu complain masyarakat terhadap teknologi kita? dan tentu, tanpa internet, kita mungkin tidak akan mengenal alat bernama computer, smartphone, tablet, atau produk- produk hybrid.


12.   Berita
Internet menjadikan kita semakin update dengan perubahan yang terjadi disekitar kita. Bahkan internet menyajikan berita yang lebih banyak dibandingkan dengan yang disajikan di TV atau radio. Tidak hanya itu saja, dengan internet, siapapun bisa membuat berita. Baik itu berita kontroversional, hoax, issue, berita santai, atau berita- berita lainnya.
Tapi bagaimana jika internet tiba- tiba hilang? Tentu kita akan menjadi orang yang tidak up date dengan perkembangan yang terjadi disekitar kita. Kita tidak tahu hasil pertandingan United vc City semalam, kita tidak tahu ‘siapa’ yang ‘sudah melakukan apa’ kemarin, bahkan mungkin kita tidak akan tahu apa yang sebenarnya sudah dilakukan oleh walikota tempat kita tinggal.


Masa depan kita adalah konsistensi kita. Inilah kekuatan dari sebuah konsistensi

    Itulah yang akan kita lakukan agar bisa mendapatkan masa depan yang sangat indah dan bahagia itu. Dan karena usaha itulah ketika kita bertanya kepada peramal tentang masa depan kita, dan dia menjawab ‘masa depan kamu buruk’, kita langsung tidak terima dan langsung meninggalkannya. Kenapa kita pergi? Bukankah itu yang ingin kita ketahui? Atau memang itu bukanlah hal yang kita ingin dengar? Baca Selengkapnya


13.   Pertahanan
Tanpa internet, semua negara yang ada di dunia ini akan kehilangan pertahanannya. Kesulitan dalam melacak musuh, kesulitan dalam melacak penyusup didalam negara mereka sendiri, dan akan kesulitan menentukan yang mana musuh dan mana yang teman karena melambatnya jalur komunikasi. Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi dalam waktu 0.5 detik. Tapi tanpa internet kita bisa mendapatkan informasi lebih dari 1 jam.


Itulah beberapa hal yang bisa terjadi jika internet tiba- tiba hilang dari bumi. Wooooshh…!! Seperti orang yang tiba- tiba masuk kedalam lubang yang ada dijalan. Mungkin tiba- tiba kita akan seperti anak ayam yang kehilangan induknya. Tidak tahu apa- apa, tidak tahu harus apa, tidak tahu harus kemana.
Tapi tentu itu semua tidak akan terjadi karena walaupun dunia saat ini sudah sangat tergantung dengan internet, tentu dunia juga sangat memperhatikan keberadaan internet agar jangan sampai tiba- tiba mati dan hilang. Atau kalian memiliki pendapat lain yang bisa diakibatkan jika internet tiba- tiba hilang? Mari kita berbagi pada kolom komentar dibawah ini agar kita bisa saling mengingatkan bahwa internet adalah hal yang penting dan harus digunakan untuk kepentingan bersama yang bermanfaat.



Rennata62

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saran/ Kritik Kirimkan Ke

rennataheri9@gmail.com

Copyright © Rennata62 | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com